Sosialisasi PTSL Desa Ginggangtani oleh BPN, Kejaksaan Negeri Purwodadi dan Polres Grobogan

Desa Ginggangtani pada tahun 2021 mendapatkan kuota PTSL dari BPN sebanyak 1.000 Bidang,  PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

PTSL yang populer dengan istilah sertipikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertipkat dapat menjadikan  sertipikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya. Dalam sosialisasi ini banyak dijelaskan oleh BPN apa saja persyaratan yang digunakan untuk pendaftaran PTSL, persyaratannya antara lain :

  1. Foto copy Kartu Keluarga yang masih berlaku sebanyak 1
  2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk ( E-KTP ) dilegalisir sebanyak 1
  3. Foto copy SPPT terakhir sebanyak 1 lembar dilegalisir
  4. Foto copy C Desa 1 lembar diegalisir

PTSL ini hanya menerima tanah yang belum bersertifikat, apabila ada yang mendaftarkan tanah tapi yang sudah bersertifikat maka akan ditolak oleh panitia PTSL Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 3 Februarai 2021 jam 09.00 Wib, yang berlokasi di Balai Desa Ginggangtani.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*